0
Comments
Fungsi PROPER

Fungsi PROPER
Fungsi Proper digunakan untuk menampilkan huruf besar diawal teks
Bentuk Umum Fungsi PROPER :
=Proper( data_teks)
Contoh :
Data teks berada di cell c7 (INDONESIA) maka apabila di Proper maka huruf awal teks menjadi huruf besar
Rumusnya :
=Proper(C7) ---> hasilnya "Indonesia"


0
Comments
Fungsi Lower

Fungsi Lower

Fungsi Lower, digunakan untuk menampilkan seluruh huruf menjadi huruf kecil
Bentuk Umum Fungsi LOWER :
=Lower(Data_teks)
Contoh :
Data teks berada di cell c7 (INDONESIA) maka apabila di Lower maka teks menjadi huruf kecil semua.
Rumusnya :
=Lower(C7)  ---->  hasilnya "indonesia"

0
Comments
Fungsi UPPER

Fungsi UPPER

Fungsi UPPER, digunakan untuk menampilkan seluruh huruf menjadi huruf besar
Bentuk umum Fungsi UPPER :
=UPPER(data teks )
Contoh :
Data teks berada di cell c7 (indonesia) maka apabila di Upper maka teks menjadi kapital
Rumusnya :
=UPPER(C7) ---> hasilnya "INDONESIA"

0
Comments
Fungsi TEXT

Fungsi TEXT digunakan untuk merubah data angka menjadi text (huruf)

Bentuk Umum Fungsi TEXT :
=TEXT(data_angka )
Contoh :
Data angka yang berada di sel c7 (1000) ubahlah data angka ini menjadi Data Text
Rumusnya :
=TEXT(c7,0)  ---> hasilnya 1000 (rata kekiri)
Catatan :
  • Pada rumus angka “0″ untuk menampilkan data angka yang berada di cell c7 yaitu 1000
  • Apabila rumus benar maka data angka (rata dikanan) akan otomatis menjadi rata kiri (data text)

0
Comments
Fungsi VALUE

Fungsi VALUE

Fungsi VALUE digunakan untuk merubah data teks menjadi numeric atau angka
Bentuk umum Fungsi VALUE :
=VALUE(data_teks)
Contoh :
Data teks berada di cell c7 (bm-111 90) ubahlah data text “111″ menjadi data angka
Rumusnya :
=VALUE(mid(c7,4,3)) --> hasilnya "111"

0
Comments
Membuat nama database dalam Microsoft Access

Pertama yang harus di lakukan adalah membuka aplikasi microsoft acces telebih dahulu kemudia pilih new blank data base , kemudian pada kotak bawah kanan isikan nama database yang di inginkan, agar lebih mengerti lihat gambar di bawah ini.
cara Membuat nama database dalam Microsoft Access
Cara Membuat nama database dalam Microsoft Access








0
Comments
Pengenalan Microsoft Access

Pengenalan Microsoft AccessMicrosoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office , selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis dataMicrosoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2013.
Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.
Untuk lebih mengerti tentang microsoft acces , anda dapat mendownload toritorialnya di link berikut ini Toritorial Acces .

2
Comments
Pengenalan Microsoft Visio

Mungkin ada orang yang belum tahu apa itu Microsoft visio, atau sering mendengar namun tidak tahu kegunaannya. Microsoft visio adalah salah satu Microsoft office yang dibawakan dari windows saat menginstall windows. Namun, banyak dari pengguna windows hanya mengenal Microsoft office word, Microsoft office excel, dan Microsoft office power point. Sedang Microsoft office groove, Microsoft office publisher, Microsoft office visio dan lain sebagainya hanya dipajang saja sebagai pelengkap.
Microsoft office word digunakan sebagai tempat untuk menulis berbagai macam dokumentasi, Microsoft office excel digunakan untuk mengolah data angka serta diagramnya dalam mengkalkulasi data. Dan apa itu Microsoft office visio?
Microsoft office visio adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk memudahkan mengolah berbagai macam diagram. Di dalamnya telah tersedia berbagai macam bentuk diagram yang kita butuhkan, hanya tinggal memilih sesuai kebutuhan saja dan menggunakanya dengan mudah. Ini suatu fasilitah yang benar-benar memudahkan kita dalam bekerja membuat diagram.
Jadi, kita tidak perlu lagi menggambar diagram dengan menggunakan Microsoft office word dan harus mengatur sedemikian rupa. Karena di dalam Microsoft office visio kita tinggal menarik gambar diagram yang kita perlukan dan akan langsung terlihat rapi. Untuk memasukkanya dalam dokumen word pun sangatlah mudah, kita tinggal mengkopi diagram yang telah kita buat dan mempastenya di dokumen word yang kita kerjakan. Mudah bukan?

0
Comments
Fungsi MID


Fungsu MID digunakan mengambil dari kiri ke tengah berdasarkan karakter awal sebanyak jumlah karakter yang diambil
Bentuk Umum Fungsi MID
=MID(data_teks, posisi_awal, jumlah_karakter)
Contoh :
Data teks berada di cell c7 (bm-111 90) ambil karakter dari kiri ketangah sebanyak 3, Rumusnya : =Mid(C7,4,2) hasilnya “111″

0
Comments
Fungsi RIGHT

Fungsi RIGHT

Fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil karakter dari kanan/belakang/akhir dari data teks sebanyak jumlah karakter yang diambil
Bentuk Umum Fungsi RIGHT
=RIGHT(data_teks, jumlah_karakter)
Contoh :
Data teks berada di cell c7 (bm-111 90) ambil karakter dari kanan sebanyak 2,
Rumusnya :
=RIGHT(C7,2) ---> hasilnya "90"

0
Comments
Fungsi LEFT

Fungsi LEFT

Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil karakter dari kiri/awal/depan dari data teks sebanyak jumlah karakter yang diambil

Bentuk Umum fungsi LEFT:

 =LEFT(data teks, jumlah karakter)
 Catatan:
  •  Data teks = teks atau alamat cel data teks
  • Jumlah karakter = Berapa banyak karakter yang akan diambil
Contoh :
Data teks berada di cell c7 (bm-111 90) ambil karakter dari kiri sebanyak 2,
Rumusnya :
=LEFT(C7,2) ---> hasil "bm"

0
Comments
Fungsi Vlookup dan Hlookup dalam excel

Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP merupakan fungsi referensi ke tabel lain. Dimana nilai dihasilkan berdasarkan key/range tertentu yang sesuai dengan tabel referensi.
Fungsi VLOOKUP
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai di kolom paling kiri tabel refrensi, dan kemudian mengembalikan sebuah nilai dalam baris yang sama dari sebuah kolom yang di tetapkan dalam tabel refrensi. Gunakan fungsi VLOOKUP (bukan HLOOKUP) jika  nilai-nilai perbandingan berada di kolom sebelah kiri data yang ingin ditemukan.
  • Lookup_value, adalah nilai yang dapat ditemukan dalam kolom pertama dari tabel referensi.  Lookup_value dapat berupa sebuah nilai, referensi, atau string teks.
  • Table_array adalah tabel informasi/referensi, tabel ini dapat berupa range, atau nama range.
  • col_index_num adalah nomor kolom pada tabel refeensi  yang akan dihasilkan/atau dikembalikan. Jika col_index_num bernilai 1, maka nilai-nilai yang dihasilakn/dikembalika berada pada kolom pertama pada tabel referensi; sJikacol_index_num bernilai 1, maka nilai-nilai yang dihasilakn/dikembalika berada pada kolom keduapada tabel referensi; demikian seterusnya. Jika col_index_num bernilai kurang dari 1, funsi VLOOKUP akan mengembalikan nilai kesalahan berupa # VALUE!, jika col_index_num lebih besar daripada jumlah kolom tabel referensi, maka fungsi VLOOKUP mengembalikan nilai kesalahan berupa # REF! .
  • range_lookup dapat  bernilai TRUE ata FALSE, parameter ini bersifat opsional.  Jika range_lookup berniali TRUE, maka nilai pada kolom pertama pada tabel referensi harus ditempatkan dalam urutan menaik: …, -2, -1, 0, 1, 2, …, AZ, FALSE, TRUE; jika tidak, maka kemungkinan fungsi VLOOKUP tidak akan memberikan nilai yang benar. Jika range_lookup bernilai FALSE, maka tabel tidak perlu disortir.Range_lookup adalah berupa nilai logika yang menentukan apakah fungsi VLOOKUP digunakan untuk pencarian sama persis atau berupa rentang. Jikarange_lookup bernilai TRUE atau tidak ditulis, maka nilai yang dikembalikan berupa rentang, Dengan kata lain, bila pencocokan sama persis tidak ditemukan, nilai terbesar berikutnya yang lebih kecil dari lookup_value yang dikembalikan. Jika paramaeter ini bernilai FALSE, maka fungsi VLOOKUP akan melakukan pencarian sama persis. Jika data tidak ditemukan, maka fungsi ini menhasilkan nilai kesalahan# N / A
Contoh:
VLOOKUP-1
Pada contoh kasus ini nilai kolom pertama pada tabel referensi, merupakan nilai rentang. Dimana nilai yang yang tercantum merupakan nilai batas bawah dari rentang. Angka 0 pada baris pertama dan angka 20 pada baris kedua, mengandung pengertian bahwa rentangnya adalah 0 hingga kurang dari 20. Angka 20 pada baris kedua dan angka 45 pada baris ketiga, mengandung pengertian bahwa rentangnya adalah 20 hingga kurang dari 45, demikian seterusnya.
Rumus untuk yang digunakan untuk kolom Abjad adalah sebagai berikut:
=VLOOKUP(C4;$C$12:$D$16;2;TRUE)
  • Parameter pertama bernilai C4, menyatakan nilai/sel yang dijadikan dasar pencarian
  • Parameter kedua bernilai $C$12:$D$16,  adalah alamat absolut C12:D16 yang menyatakan lokasi dari tabel referensi. Untuk membuat alamat absolut Anda dapat menekan tombol F4 setelah memblok tabel refrensi.
  • Parameter ketiga bernilai 2, menyatakan nomor kolom tabel referensi yang menampung nilai-nilai yang dihasilkan oleh fungsi VLOOKUP
  • Parameter keempat diberi nilai TRUE karena kolom pertama dari tabel referensi merupakan rentang.

0
Comments
Latihan Soal Excel - Bagian 2


1.      Pengaturan kertas berguna untuk menyesuaikan ukuran kertas pada lembar kerja dengan ukuran kertas sebenarnya pada saat dicetak menggunakan printer. Pengaturan ukuran kertas tersebut dilakukan dengan menggunakan fasilitas ....
a.       Print preview
b.      Print
c.       Customize
d.      Page setup
e.       Pages
2.      Perintah untuk mengatur orientasi kertas secara tegak adalah ....
a.       Landscape
b.      Landscope
c.       Landskip
d.      Potrait
e.       Potret
3.      Tab yang berisi ikon-ikon untuk mengatur tampilan microsoft excel 2007 adalah ....
a.       Home
b.      Insert
c.       Review
d.      View
e.       Zoom
4.      Tempat yang digunakan untuk meletakan data yang dimasukan adalah....
a.       Formula bar
b.      Name box
c.       Cell
d.      Sheet
e.       range
5.      Untuk membuat huruf tercetak tebal menggunakan perintah ....
a.       Italic
b.      Underline
c.       Justify
d.      Bold
e.       Border
6.      Tombol page down digunakan untuk berpindah ....
a.       Dari satu layar ke samping
b.      Dari satu layar ke kiri
c.       Dari satu layar ke kanan
d.      Dari satu layar ke bawah
e.       Dari satu layar ke atas
7.      Perhatikan data di bawah ini !
1)       Ketikan data yang diinginkan
2)       Tekan tombol enter
3)       Tempatkan pointer pada sel
Urutan untuk memasukan data ke sel pada lembar kerja adalah ...
a.       1-2-3
b.      3-1-2
c.       2-1-3
d.      3-2-1
e.       2-3-1
8.      Untuk meletakan hasil copy an menggunakan perintah.....
a.       Copy
b.      Paste
c.       Edit
d.      Delete
e.       cut
9.      perintah undo digunakan untuk .....
a.       meneruskan perintah
b.      membatalkan perintah
c.       membatalkan perintah undo
d.      mengulangi perintah
e.       menghapus perintah terakhir
10.  perintah untuk menyatukan sel dalam lembar kerja excel adalah ....
a.       paste cell
b.      copy cell
c.       merge cell
d.      find cell
e.       replace cell
11.   Fungsi format Currency dalam memformat bilangan pada lembar kerja adalah untuk menambah symbol…
a.      Matematika    
b.      Fisika         
c.       Mata Uang
d.      Dollar        
e.      Euro
12.  fungsi-fungsi yang disediakan oleh microsoft excel adalah sebagai berikut, kecuali ...
a.       matematika
b.      logika
c.       statistika
d.      fisika
e.       tanggal dan waktu
13.  operator berikut yang merupakan tanda perkalian adalah ....
a.       ^
b.      &
c.       *
d.      #
e.       X
14.   Jika perkalian antara sel relatif dengan sel absolut disalin, maka yang akan mengalami perubahan adalah ....
a.       Sel relatif
b.      Sel relatif dan absolut
c.       Seluruh sel
d.      Sel absolut
e.       Sel relatif absolut
15.  Cara menuliskan sel absolute di bawah ini yang benar adalah ....
a.       $B$2
b.      $B2
c.       B$2
d.      $B$$2
e.       $B2$
16.  Untuk mencari nilai rata-rata suatu range adalah dengan .....
a.       Sum
b.      Max
c.       Min
d.      Average
e.       If
17.  Untuk mencari rumus jumlah menggunakan fungsi .....
a.       Sum
b.      Max
c.       Min
d.      Average
e.       If
Untuk Soal Nomor 23, 24 dan 25 Perhatikan tabel berikut !
 
18.  Jumlah nilai aulia husni jika dicari dengan menggunakan rumus fungsi adalah ....
a.       =sum(B1:E1)
b.      =sum(B2:E2)
c.       =sum(B3:E3)
d.      =sum(B4:E4)
e.       =sum(B5:E5)
19.  Nilai Rata-rata Muhammad jika dicari dengan rumus fungsi adalah .....
a.       =average(B1:E1)
b.      = average (B2:E2)
c.       = average (B3:E3)
d.      = average (B4:E4)
e.       = average (B5:E5)
20.  Rumus untuk mencari jumlah seluruh nilai adalah ....
a.       =sum(B1:E2)
b.      =sum(B2:E3)
c.       =sum(B3:E4)
d.      =sum(B4:E5)
e.       =sum(B5:B5)
21.  =Left(SINTA NOLA,) hasilnya adalah.....
a.       ANOLA
b.      A NOLA
c.       SINTA
d.      SINTA N
e.       NTA N
22.  Fungsi di bawah ini yang termasuk fungsi logika adalah .....
a.       SUM
b.      COUNT
c.       IF
d.      AVERAGE
e.       ROUND
23.  = MID(SURYA ANGKASA RIA7,3) menghasilkan ......
a.       AAN
b.      SURYA A
c.       ANG
d.      ANGKASA
e.       YA A
24.  Hasil dari : =3-4^2+10/2 adalah.....
a.       -11
b.      -8
c.       24
d.      6
e.       4
25.  Jika A1 = -2, A2 = “Yanti”, A3  = 4, Apakah hasil dari Formula dibawah ini : =IF(A1<A3,IF(A1=A3,”Ini Dia”,”Masih Salah”),”Salah”)
a.      Ini dia
b.      Masih salah
c.       Salah
d.      2
e.      Salah dia